Rabu, 20 Februari 2013

ALIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN PROGRESVISME DALAM TINJAUAN EPISTEMOLOGIS

(MUNTAMAH) Download Artikel

BAB I
PENDAHULUAN
        
A. Latar Belakang Masalah
Dalam pemikiran filsafat pendidikan, terdapat suatu mazhab yang lebih dekat dengan model pemikiran modernitas, yaitu progresivisme. Watak dari aliran ini adalah menghendaki sikap bebas dan modifikatif. Progresif menghendaki pendidikan yang pada hakekatnya progresif. Dari wataknya yang seperti itu, sehingga ia tidak berkepentingan untuk merujuk pada pemikiran-pemikiran dan praktik sistem pendidikan dari para pendahulunya, karena dianggapnya sudah ketinggalan jaman dan kurang relevan untuk memenuhi tuntutan kebutuhan dan perubahan-perubahan sosial yang terjadi pada era sekarang.
Epistemologis merupakan teori pengetahuan yang persoalan sentralnya adalah mengenai persoalan apa yang dapat kita ketahui dan bagaimana cara mengetahuinya. Epitemologi menginginkan sebuah kebenaran yang sesungguhnya benar.
Bagaimana pandangan epistemologis mengenai aliran filsafat pendidikan progresivisme, akan kami jelaskan dalam makalah ini. Berdasar pada pokok bahasannya, maka makalah ini kami beri judul "Aliran Filsafat Pendidikan Progresivisme Dalam Tinjauan Epistemologis".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar