Rabu, 20 Februari 2013

MENEJEMEN PEMBELAJARAN

(Abdul Ra’uf)  Download Artikel

A. Menejemen Pembelajaran
    Manajemen Berbasis Sekolah memberi peluang kepada Kepala Sekolah, dan Guru untuk melakukan inovasi di sekolah yang berkaitan dengan kurikulum pembelajaran, langkah-langkah manajerial dan lain sebagainya yang tumbuh dari aktifitas, kreatifitas dan profesionalisme yang dimiliki.  Hal itu dapat terwujud, menurut Ibrahim Bafadal, bukan hanya ditentukan oleh pimpinan sekolah saja, melainkan sangat bergantung kepada komponen-komponen yang lain seperti; program pembelajaran, dana, lingkungan masyarakat. Semua komponen tersebut ikut menentukan keberhasilan pencapaian tujuan institusional.
    Disamping itu program kegiatan pembelajaran kurikulum, GBPP, hasil analisis GBPP, rencana pembelajaran, dan sejumlah komponen pelaksanaannya merupakan pedoman pembelajaran, dan keberadaannya merupakan arah bagi pengelola pembelajaran dalam memberikan kesempatan kepada murid untuk mendapatkan pengalaman yang maksimal sesuai dengan tingkat kemampuannya dan yang lebih penting adalah bermanfaat bagi kehidupan dimasa yang akan datang.
       
a) Manajemen
1. Pengertian Manajemen dan Karakteristiknya
    Pengertian manajemen banyak dikemukakan oleh para pakar dengan ungkapan yang berbeda – beda   diantaranya adalah sebagai berikut  :
   a. George R. Terry
    Management is accomplishing of the predetermined objective through the efforts of other people.  (Manajemen adalah pencapaian tujuan yang telah ditetapkan melalui kegiatan – kegiatan orang lain).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar